Tips Latihan Beban Untuk Pemula - Ringan Seru :: cara Seru Ringanin harimu

Terbaru

11 Jan 2016

Tips Latihan Beban Untuk Pemula

1. Tidur Lebih Banyak



Latihan yang terlalu intens atau sering dapat menyebabkan overtraining dan tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup saat malam hari. Praktis, kondisi ini dapat menghambat latihan Anda berikutnya.

Jika Anda telah melakukan latihan keras agar otot-otot Anda semakin besar, maka dapatkan pula istirahat yang cukup agar otot berkembang maksimal.

Hormon pertumbuhan berperan penting karena produksi hormon ini memuncak pada saat Anda tidur. Ya, otot Anda berkembang pada saat Anda tidur.

Namun tentu saja, masih diperlukan latihan yang keras serta pola makan yang baik untuk meningkatkan perkembangan otot Anda.


2. Makan, Makan, dan Makan



Agar latihan Anda maksimal, maka Anda membutuhkan energi sebagai bahan bakar latihan Anda. Energi ini berasal dari kalori makanan.

Namun perlu diingat, jangan sampai kegiatan makan ini menambah berat badan Anda secara drastis. Pastikan kebutuhan makronutrisi Anda (karbohidrat, protein, dan lemak) terpenuhi.

Protein merupakan makanan utama bagi otot. Makronutrisi ini sangat penting untuk Anda. Anda dapat mencukupi kebutuhan protein harian Anda melalui makanan seperti daging (tanpa lemak), kedelai, sayuran daun hijau, atau protein shake.

Sementara karbohidrat pilihlah karbohidrat kompleks karena sifatnya yang lambat diserap tubuh. Terutama ketika malam hari. Sumber karbohidrat kompleks antara lain ubi jalar atau gandum.

Dan lemak pastikan memilih lemak yang sehat untuk keseimbangan hormon dan rasa lapar. Misalnya alpukat, salmon, atau selai kacang.

3. Lakukan Latihan Compound



Latihan compound merupakan latihan yang menargetkan banyak kelompok otot dalam satu gerakan.
Latihan ini membantu meningkatkan kekuatan otot Anda dengan cepat karena Anda dapat melatih lebih dari satu kelompok otot hanya dengan latihan sederhana ini.

Latihan compound tersebut antara lain deadlifts, bench press, dan squats.

4. Lakukan Teknik Latihan dengan Tepat



Tidak sedikit dari Anda yang mungkin sudah rutin berlatih namun belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Salah satu penyebabnya adalah teknik latihan yang kurang tepat.

Dengan teknik latihan atau gerakan yang tepat akan membantu mempercepat perkembangan otot tubuh Anda serta mengurangi risiko cedera. Jangan karena takut gerakan salah, lantas membuat Anda malas pergi ke gym. Percayalah, Anda tidak sendirian karena banyak pula fitnes mania yang masih salah dalam melakukan gerakan.

Jangan malu untuk memulai latihan dengan beban yang ringan. Hanya karena gengsi dengan teman di sekitar Anda, Anda juga berniat untuk mengangkat beban yang berat. Jika ini Anda lakukan, Anda akan cepat merasa lelah dan latihan kurang maksimal. Belum lagi meningkatnya risiko cedera.

Perlu diingat, fitnes mania yang lebih pro lain juga memulai dari awal. Yang pasti, tingkatkan berat beban angkatan Anda secara perlahan.


5. Jangan Lupakan Latihan Kardio



Setelah melakukan latihan beban dengan maksimal, maka tutuplah sesi latihan Anda dengan latihan kardio. Baik latihan kardio yang ringan maupun intensif.

Latihan kardio ini akan membantu menjaga kadar lemak tubuh Anda serta meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Beberapa latihan kardio yang baik dilakukan antara lain jogging, bersepeda, atau berenang.

6. Tambahkan Suplementasi yang Tepat



Ada banyak sekali suplemen yang beredar di pasaran. Namun Anda tidak diwajibkan mengonsumsi semua suplemen tersebut.

Pilihlah suplemen yang benar-benar sudah terpercaya untuk membantu goal fitnes Anda. Berikut beberapa tips suplementasi untuk Anda.

Suplemen Pra Latihan
  • Kafein (untuk meningkatkan energi dan fokus Anda)
  • Creatine (membantu menambah kekuatan dan energi Anda)


Suplementasi sebelum latihan yang tepat akan membantu meningkatkan kualitas latihan Anda serta mengatasai kelelahan.

Pasca Latihan
Protein adalah nutrisi yang sangat penting bagi pemulihan otot Anda.

No comments:

Post a Comment