3 Dosa Besar yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar - Ringan Seru :: cara Seru Ringanin harimu

Terbaru

11 Jan 2016

3 Dosa Besar yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar



Allah telah menetapkan apapun yang dihalalkan dan apapun yang diharamkan untuk kita. Oleh karena itu kita wajib mentaati aturan-aturan yang telah Allah tetapkan untuk kita.

Karena apabila kita melanggar apa yang telah Allah tetapkan maka kita akan mendapatkan dosa. Seperti yang telah kita tahu, dosa terbagi menjadi dua bagian yakni dosa besar dan dosa kecil. Dosa besar adalah dosa yang paling berat kadar dosanya, bahkan jika seseorang melakukan dosa besar dan hingga akhir hayatnya ia tidak bertaubat, maka orang tersebut akan mendapatkan azab yang besar di akhirat kelak.

Namun, dalam kehidupan kita seperti sekarang ini dosa-dosa besar berikut ini tanpa sadar sering sekali dilakukan oleh orang-orang. Mereka tidak sadar bahwa apa yang dilakukan itu membuat dirinya terancam azab yang sangat mengerikan di akhirat kelak, dan berikut ini adalah 3 dosa besar yang sering dilakukan tanpa disadari.

1. Riba

Riba adalah salah satu dosa besar yang sering dilakukan tanpa diri kita sadar. Padahal riba merupakan sesuatu yang telah Allah haramkan bagi kita seperti yang disebutkan dalam Alquran,

"...padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba..." [QS. Al-Baqarah ayat 275]

Riba berarti menetapkan bunga atau dalam kata lain melebihkan jumlah pengembalian pinjaman dengan berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok.

Saat ini, riba sangat sering kita jumpai dalam berbagai bentuk dan dengan nama yang berbeda-beda. Adapun beberapa contoh riba dalam kehidupan sehari-hari seperti:

Transaksi perbankan (Bunga)
Transaksi jual-beli secara kredit
Transaksi Asuransi

Namun sayangnya karena alasan keadaan, praktik riba ini sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal tiap-tiap orang yang terlibat riba sama-sama mendapatkan dosa yang besar. Bahkan Rasulullah pernah bersabda bahwa riba itu ada 70 macam dosa dan Rasul mengibaratkan yang paling ringan dari dosa riba adalah seperti seseorang yang berzina dengan ibunya, astaghfirullah.


2. Riya' (Pamer)

Riya juga merupakan salah satu dosa besar yang sering dilakukan tanpa sadar. Allah telah berfirman dalam surat Al-Ma'un bahwa orang-orang yang riya' adalah termasuk dalam golongan orang yang celaka.

Orang yang suka menyebut-nyebut pemberiannya dihadapan orang lain dengan tujuan agar dirinya dipuji bahwa ia adalah orang yang dermawan dan sebagainya juga termasuk dalam kategori riya'.

Selain itu, orang yang shalat, membaca Alquran atau beribadah lainnya dengan tujuan agar mendapatkan pujian bahwa dirinya adalah orang yang alim juga termasuk kedalam riya.

Riya' selain sebagai salah satu dosa besar juga merupakan suatu hal yang menyebabkan terhapusnya amalan baik seseorang. Untuk itu alangkah baiknya bagi kita untuk menjauhi sifat riya'.


3. Menyakiti Tetangga

Tetangga adalah termasuk orang yang dekat dengan kita, oleh karena itu dalam Islam dianjurkan untuk selalu berbuat baik kepada orang-orang terdekat kita termasuk kepada tetangga.

Menyakiti tetangga adalah sebuah dosa besar yang juga sering tidak kita sadari. Padahal orang yang menakiti tetangga tidak akan masuk kedalam surga, seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah:

"Tidak masuk surga seseorang yang tetangganya tidak merasa aman dari kejahatannya." [HR. Bukhari dan Muslim]

Untuk itu jagalah perilaku dan perkataan kepada tetangga kita, karena mungkin barangkali tanpa sadar kita dapat menyakiti tetangga kita dengan perkataan. Kemudian selain itu, Rasulullah juga memerintahkan kita untuk selalu berbagi dengan tetangga. Bahkan Rasulullah pernah menyampaikan bahwa kita tidak boleh kenyang sedangkan tetangga kita ada yang kelaparan.

Oleh karena itu kita harus selalu bergaul dengan orang-orang yang berada di sekitar lingkungan kita dan membantu tetangga kita yang sedang membutuhkan bantuan dengan semampu kita.

No comments:

Post a Comment