Ternyata Ada Phobia Terhadap Hari Jumat Ke-13 - Ringan Seru :: cara Seru Ringanin harimu

Terbaru

13 Nov 2015

Ternyata Ada Phobia Terhadap Hari Jumat Ke-13


Jumat tanggal 13 adalah hari yang dianggap sial bagi beberapa masyarakat di berbagai belahan dunia terutama di barat. Kombinasi hari dan tanggal ini disebut dapat mendatangkan malapetaka dan kesialan yang luar biasa. Bahkan terdapat istilah khusus untuk orang yang memiliki phobia terhadap hari jumat tanggal 13 ini.

Ada dua istilah untuk menyebut ketakutan seseorang terhadap hari jumat tanggal 13. Istilah yang awal digunakan adalah friggatriskaidekaphobia yang berasal dari Frigga yang merupakan nama seorang dewi Skandinavia serta triskaidekaphobia yang berarti ketakutan terhadap tanggal 13. Frigga sendiri merupakan dewi cinta dan kesuburan dalam mitologi Skandinavia. Perayaan terhadap Frigga ini dilakukan setiap hari ke-6 dalam satu minggu atau pada hari jumat.

Istilah kedua yang digunakan untuk menyebut phobia terhadap hari jumat tanggal 13 ini adalah paraskevidekatriaphobia. Dilansir dari The Skeptic Dictionary, istilah ini dicetuskan oleh Dr. Donald Dossey, seorang pakar dalam mengatasi orang-orang yang memiliki ketakutan tidak rasional terhadap suatu hal. Dossey menyatakan bahwa dengan menyebut nama phobia ini juga mampu membuat seseorang menjadi terobati dari ketakutannya tersebut.

Berbagai macam phobia yang ganjil dan aneh ini muncul karena kepercayaan orang terhadap beberapa hari tertentu, angka, warna, dan lain sebagainya. Kepercayaan ini pada mulanya adalah pandangan umum yang berlaku di masyarakat. Tetapi besarnya pengaruh pada hal-hal ini dapat masuk ke dalam pikiran seseorang dan berpengaruh sangat besar hingga memunculkan phobia ini.

Ketakutan terhadap kesialan yang muncul pada hari jumat tanggal 13 ini sebenarnya adalah ketakutan yang disebabkan sendiri oleh seseorang. Jadi jika memang Anda sempat mengalami kesialan pada hari tersebut, itu hanyalah kebetulan semata.

No comments:

Post a Comment