Semua Mobil Baru di Inggris Akan Dilengkapi Fitur 'SOS' Otomatis - Ringan Seru :: cara Seru Ringanin harimu

Terbaru

26 Sept 2016

Semua Mobil Baru di Inggris Akan Dilengkapi Fitur 'SOS' Otomatis



Dalam 18 bulan mendatang, setiap mobil baru yang dijual di Inggris akan dilengkapi fitur otomatis panggilan darurat 911 (save our souls/SOS) jika terlibat kecelakaan. Artinya, polisi akan langsung mengetahui jika mobil mengalami kecelakaan, termasuk lokasinya, tanpa korban atau orang lain harus menghubungi. 

​Penggunaan fitur ini sudah ramai diperbincangkan sejak beberapa tahun terakhir, tak hanya di Inggris, namun di negara-negara anggota Uni Eropa. Penerapannya terkendala banyak aturan dan pertentangan. Salah satunya privasi pengguna kendaraan karena lokasi mobil akan terus terlacak oleh petugas berwenang. 

Beberapa produsen mobil premium sudah mengaplikasikan fitur yang dinamakan eCall ini pada produk mereka. Namun ke depannya, semua merek di Inggris juga harus menggunakan produk ini. 

Kepolisian Inggris mengungkapkan teknologi ini memiliki beberapa keuntungan, yakni mengehemat biaya, lokasi tempat kecelakaan lebih akurat karena langsung terhubung melalui GPS, serta korban bisa mendapat penanganan lebih cepat. 

Namun permasalahan yang akan dihadapi oleh pihak berwenang di Inggris adalah banyak panggilan darurat yang akan masuk di waktu yang sangat dekat bahkan bersamaan. Hal ini membutuhkan persiapan tim dan infrastruktur yang memadai. 

Fitur eCall sempat kembali dibahas pascakecelakaan di Skotlandia yang menewaskan sepasang kekasih, Lamara Bell (25) dan John Yuill (28), pada Juli tahun lalu. Mereka meninggalkan mobil pascakecelakaan untuk meminta bantuan sehingga polisi baru mengetahui lokasi keberadaan keduanya setelah tiga hari.

Jika mobil yang digunakan Bell dan Yuill dilengkapi eCall, posisi kendaraan bisa diketahui secara langsung begitu kecelakaan terjadi. Kendaraan secara otomatis langsung mentransmisikan panggilan darurat ke 999, termasuk jam dan lokasi kecelakaan. Tak cuma itu, data yang dikirim juga termasuk arah tujuan kendaraan, tipe, tahun pembuatan, bahkan seberapa banyak bahan bakar yang digunakan. 

Data dikirim begitu sensor pada mobil mendeteksi benturan dengan tingkat kekerasan tertentu. Atau, jika airbag mengembang, sistem akan langsung bekerja. 

Di dasbor kendaraan juga terdapat tombol yang bisa dipencet oleh siapa saja yang tiba di lokasi kecelakaan. Fungsinya sama, mengirim informasi kecelakaan ke 999. [src]

No comments:

Post a Comment