Lukisan Mirip Coretan Papan Tulis Laku Rp 954 Miliar Di AS - Ringan Seru :: cara Seru Ringanin harimu

Terbaru

13 Nov 2015

Lukisan Mirip Coretan Papan Tulis Laku Rp 954 Miliar Di AS

Sebuah lukisan unik sekilas mirip coretan kapur di papan tulis, kemarin terjual sangat mahal dalam lelang yang digelar Balai Sotheby's, Kota New York, Amerika Serikat. Lukisan karya Cy Twombly itu dihargai USD 70,5 juta (setara Rp 954 miliar).

Balai Lelang Sotheby's menyatakan lukisan yang dibuat pada 1968 itu sebetulnya karya yang tidak berniat menggambarkan papan tulis. Lukisan bertajuk 'Untitled' ini dibuat dengan bahan krayon lilin, pensil, cat minyak, di atas kanvas.

"Harga jual kali ini mengalahkan rekor penjualan sebelumnya yang mencapai USD 69 juta," kata juru bicara Sotheby's, seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (12/11).

Pemilik lukisan ini sebelumnya adalah kolektor yang namanya dirahasiakan dari Kota Los Angeles. Hasil penjualan itu akan digunakan untuk membangun tempat ibadah.
Lukisan 'Untitled' ini masuk kategori seni kontemporer. Lingkaran yang tergambar mewarnai latar hitam ditafsirkan oleh kritikus sebagai representasi kehidupan modern.

Twombly adalah pelukis asal AS yang lama berkarir di Italia. Dia meninggal pada usia 83 di Ibu Kota Roma, Italia.

Dalam lelang kemarin malam, karya seni terjual tak kalah mahal adalah lukisan repro sosok Mao Zedong oleh seniman legendaris Andy Warhol. Karya seni kontemporer ini terjual USD 47,5 juta.

No comments:

Post a Comment